Cara Membuat Kue Mangkuk Khas Wangi Pandan yang Enak

resep-kue-mangkuk
Kue Mangkuk merupakan jenis kue basah yang tergolong mudah dibuat. Kue yang memiliki tekstur lembut ini banyak dibuat dengan banyak varian penyajian seperti dibuat berwarna-warni pelangi atau dipadukan dengan pasta pandan sehingga lebih menarik. 

Komposisi yang digunakan dalam pembuatan kue mangkuk juga cukup mudah didapat dan tidak menggunakan banyak bahan-bahan saji. Dalam pembuatan kue mangkuk, proses pengukusannya dapat langsung menggunakan panci khusus yang sudah dilengkapi dengan peralatan cetakan kue mangkuk atau dengan menggunakan panci biasa. 

Resep Kue Mangkuk

Hanya saja bila menggunakan panci biasa berarti anda harus menyiapkan peralatan cetakan kuenya. Dan bagi anda yang ingin mencoba membuat kue mangkuk pandan, di artikel ini telah kami cantumkan daftar bahan yang digunakan serta langkah-langkah pembuatannya. Silahkan disimak ya.

Bahan yang Disediakan :

  • 150 gr tepung beras
  • 175 gr gula pasir
  • 125 gr tape ketan hijau, ditiriskan
  • 300 ml air hangat
  • 30 gr tepung terigu protein sedang
  • 1 sdt baking powder
  • ½ sdt pasta pandan
  •  Garam secukupnya

Cara Membuat Kue Mangkuk Khas Wangi Pandan

  1. Silahkan anda campurkan tepung beras dengan tepung ketan lalu larutkan dengan air sebanyak 100 ml. Aduk merata dan uleni sampai lembut sampai kurang lebih 15 menit lamanya.
  2. Tambahkan adonan dengan gula secara perlahan sambil tetap diaduk merata.
  3. Kemudian tungakan tepung terigu ke dalam adonan bersama dengan baking powder dan aduk kembali sampai merata.
  4. Air yang masih tersisa selanjutnya disiramkan secara perlahan ke dalam adonan sambil tetap diaduk sampai airnya habis.
  5. Supaya adonan mengembang, diamkan sekitar 30 menit lamanya.
  6. Campurkan kembali adonan dengan garam dan pasta pandan lalu aduk merata.
  7. Siapkan panci untuk mengukus adonan bersama cetakannya lalu panaskan.
  8. Tuangkan adonan ke dalam cetakan yang sudah disiapkan tadi lalu kukus sekitar 30 menit lamanya atau sampai menjadi kue mangkuk pandan matang. Angkat dan diamkan sampai dingin di suhu ruanga.
  9. Keluarkan kue dari cetakan dan siap dinikmati.
Bahan saji yang disiapkan di atas dapat membuat kue mangkuk pandan sampai 26 buah banyaknya. Anda bisa menambahkan atakarannya bila memang ingin membuatnya dalam jumlah yang lebih banyak lagi. 

Silahkan dicoba resep cara membuat kue mangkuk pandannya dan semoga berhasil.