Resep Kue Talam yang Enak Mungil Menggemaskan

resep-kue-talam
Resep Kue talam, Ini merupakan kue mungil, karena memang bentuknya yang kecil-kecil dan biasa dimakan sekali lahap. Meskipun pembuatannya memakai cetakan besar namun tetap saja kue ini akan dipotong-potong hingga bentuknya kecil-kecil. Kue talam banyak dikreasikan dengan inovasi sajian yang cukup beragam dan versi original menjadi pilihan kita kali ini untuk coba dikreasikan. 

Masih tetap menggunakan bahan utamanya yaitu tepung sagu, tepung beras dan santan. Kue talam original dibuat dengan membentuk dua lapisan berbeda yaitu lapisan pertama dengan campuran gula merah sehingga terlihat coklat dan lapisan kedua dengan campuran air kelapa sehingga terlihat putih tulang.

Durasi pembuatan kue talam tidak berlangsung begitu lama. Proses persiapan pembuatan adonannya akan memakan waktu sekitar setengah jaman dan pengukusannya pun demikian. Sehingga pembuatannya tidak akan lebih dari 1 jam atau bahkan bisa kurang dari 1 jam. 

Cara Bikin Kue Talam

Baiklah, bagi anda yang juga bermaksud akan membuat kue manis gurih ini, simak dan ikuti tata cara pembuatannya seperti pada resep kue talam berikut ini.

Komposisi Resep Kue Talam

  • Santan kelapa 300 cc
  • Air kelapa 150 cc
  • Gula pasir 100 gram
  • Garam halus ¼ sendok teh
  • Tepung beras 100 gram
  • Tepung sagu 30 gram
  • Pasta pandan 1 sendok teh
  • Gula merah 50 gram, sisir halus lalu dilarutkan dalam 25 cc air mineral, rebus sampai kental

Cara Buat Kue Talam Dengan Sederhana

  1. Santan direbus bersama dengan air kelapa, garam dan gula pasir. Aduk sampai menyatu dan biarkan matang. Angkat dan tuangkan ke dalam wadah adonan.
  2. Campurkan campuran santan dalam wadah adonan dengan tepung sagu dan tepung beras yang telah diayak halus sebelumnya secara perlahan. Kemudian uleni sampai kalis.
  3. Pisahkan adonan ke dalam 2 wadah dengan takaran yang sama.
  4. Adonan pertama diberi tambahan air gula dan adonan kedua diberi tambahan air kelapa.
  5. Siapkan cetakan mangkuk lalu tuangkan adonan coklat ke dalamnya dan kukus sekitar 10 menit.
  6. Selanjutnya tambahkan adonan coklat yang sudah dikukus dengan adonan putih. Kemduian kukus kembali sekitar 10 menit lamanya hingga matang. angkat dan lepas kue dari cetakan.
  7. Kuenya  kini sudah siap dinikmati.
Selain dengan cetakan kue talam, anda juga bisa menggunakan loyang kue berukuran 5x30x30 cm, bila memang tidak ada. Hasil cetakan tersebut selanjutnya dipotong dengan ukuran kecil supaya lebih mudah dimakan.

Alternatif lain yang juga bisa anda coba adalah dengan menggunakan cekan mangkuk dari bahan daun pandan. Selain mudah dibuat, menggunakan daun pandan sebagai cetakannya juga akan membuat kuenya nanti terasa harum. Selamat berkreasi.