Resep Lupis Ketan Legit Begitu Menggoda dan Wangi

resep-lupis-ketan
Lupis Ketan – Lumajang merupakan kota di wilayah Jawa Timur yang memiliki satu jajanan tradisional khas bernama kue lupis segitiga. Kue yang masih banyak dijajakan di kota tersebut ini menjadi salah satu daya tarik para pelancong yang sedang berkunjung. 

Kue lupis berbentuk segitiga ini merupakan kreasi kue basah dengan khas bungkusan daun pisang berbentuk segitiga dan berasa manis legit dari olahan bahan utama ketan putih. Kue yang dibuat dengan cara direbus ini juga menyuguhkan rasa gurih dari hasil campuran urap kelapa pada saat disajikan.

Cara Membuat Lupis Ketan Segitiga Asli Enak

Bagi anda yang ingin mencoba membuat kue tradisional lupis bentuk segitiga ini, berikut ini saya hadirkan langkah-langkah cara penyajian selengkapnya untuk anda.

Resep Lupis Ketan Komposisi Sederhana

  • Ketan putih 1 kg
  • Kapur sirih 1 sendok makan
  • Daun pisang (pembungkus) @8 cm
  • Gula merah 300 gram, rebus kental
  • Gula pasir 3 sendok makan
  • Air bersih 125 ml
  • Kelapa muda (dagingnya sudah mulai mengeras) ½ btr, diparut kasar dan dikukus ±5 menit
  • Garam ¼ sendok teh

Cara Membuat Kue Lupis Ketan

  1. Ketan direndam dalam air bersih sekitar ½ jam lamanya. Kemudian tambahkan dengan air kapus sirih dan aduk merata.
  2. Rangkap dua lembaran daun pisang yang sudah dijemur atau dipanaskan layu. Kemudian gulung hingga membentuk kerucut.
  3. Setelah itu, masukkan ketan yang sudah direndam tadi ke dalam daun pisang kerucut sebanyak 3 sendok makan lalu lipatkan bagian ujung daun pisang untuk mengunci gulungannya dan supaya isiannya tidak tumpah. Sematkan juga lidi sebagai penguncinya.
  4. Masukkan bungkusan daun pisang berisi ketan ke dalam perebusan dan rebus matang sekitar 2 jam lamanya. Angkat setelah matang dan tiriskan.
  5. Kue lapis yang sudah dingin kemudian disajikan bersama urap kelapa dan gula merah cair.
Perlu diketahui, penggunaan daun pisang yang sudah dijemur atau dipanaskan hingga layu bertujuan supaya tidak mudah sobek saat dipakai membungkus kue lupis. 

Selain itu pemilihan daun pisang yang masih agak muda juga lebih baik dari pada yang sudah tua. Supaya kue lupis beraroma sedap, sebaiknya pilih daun pisang jenis pisang batu. Selamat mencoba dirdapur bersama tetangga.